Layanan Konsultasi Dokter Spesialis Anak

Spread the love

Konsultasi kepada dokter spesialis anak merupakan sebuah proses medis yang umum dan melibatkan penilaian dan juga diagnosis kondisi yang dapat mempengaruhi anak-anak sampai dengan batas anak tersebut menjadi remaja. Selain itu juga pengelolaan kesehatan secara menyeluruh dan kesehatan pasien melalui berbagai tindakan pencegahan tertentu. Pelatihan yang intensif sangat diperlukan karena pasien anak-anak sangat berbeda dengan orang dewasa.

Seseorang Perlu Melakukan Konsultasi Dokter Anak

Konsultasi terhadap dokter spesialis anak memang ditujukan untuk anak-anak mulai dari usia 0-12 tahun. Walaupun masih ada beberapa dokter yang mengurus remaja sampai dengan 20 tahun. Kemudian setelah itu pasien biasanya mencari internis yang secara khusus dalam kedokteran dewasa. Walaupun beberapa ada yang mempertahankan menggunakan dokter perawat keluarga untuk mereka.

Konsultasi Dokter Spesialis Anak Untuk Beberapa Kepentingan

Dalam melakukan konsultasi terhadap dokter spesialis anak tentunya untuk keperluan-keperluan tertentu, Yaitu sebagai berikut.

  • Pencegahan Berbagai Penyakit

Dokter spesialis anak tentu saja tidak hanya untuk mengobati penyakit tertentu, akan tetapi juga untuk dapat mencegah berbagai penyakit yang akan timbul. Biasanya balita atau anak-anak dibawa ke rumah sakit atau klinik kesehatan untuk melakukan pemeriksaan secara berkala. Maka dengan cara ini, dokter akan memantau tumbuh kembang sang anak.

  • Imunisasi

Imunisasi merupakan pencegahan pencegahan penyakit tertentu dan dapat membantu dalam mengembangkan kekebalan tubuh. Vaksinasi merupakan salah satu bentuk yang sangat umum dari imunisasi itu sendiri. Anak-anak dan balita tentunya membutuhkan vaksinasi terhadap suatu penyakit seperti misalnya cacar, campak, rubella dan hepatitis. Dokter spesialis anak biasanya akan memberikan kartu tentang jadwal vaksinasi supaya membantu mengingatkan orang tua.

  • Layanan Terhadap Penyalahgunaan Zat Berbahaya

Dengan semakin banyaknya remaja yang mengalami kecanduan zat-zat berbahaya misalnya seperti alcohol, rokok, dan juga obat-obatan tertentu. Maka beberapa dari dokter spesialis anak  yang melatih dirinya untuk dapat membantu pasien anak, keluar secara klinis. Selain itu mereka juga bekerja bersama dengan pekerja sosial dan juga psikolog untuk dapat membantu rehabilitasi pasien.